cctv

Minggu, 31 Mei 2015

Si Kecil dengan Segudang Manfaat: Lactobacillus acidophilus



Si Kecil dengan Segudang Manfaat: Lactobacillus acidophilus
Tahukah kamu ternyata bakteri tidak selamanya menjadi masalah lohh, bahkan banyak bakteri yang sangat bermanfaat bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia. Ada beberapa bakteri yang memang sudah hidup di dalam tubuh manusia yang bersifat baik, bahkan manusia sendiri sengaja menkonsumsi bakteri tersebut yang telah ditambahkan ke dalam makanan contohnya yoghurt, keju, dan lain sebagainya. Salah satu bakteri itu adalah Lactobacillus acidophilus.
Siapa sih bakteri Lactobacillus acidophilus itu? Yuk kita kenalan, jangan takut dia baik loh :D
Bakteri Lactobacillus acidophilus sesuai dengan namanya, bakteri ini menyukai lingungkan yang asam (acid) karena termasuk bakteri asam laktat (pH optimum antara 4-6) yang sering dijumpai pada makanan fermentasi karena mampu mengubah laktosa menjadi asam laktat dengan mensekresikan enzim lactase dan bersifat anaerob (Napitupulu et al., 1997) . Bakteri ini termasuk kedalam bakteri gram positif, bentuk tubuhnya yang panjang seperti batang (dengan ujung membulat), dengan ukuran berkisar 0,6-09 x 1,5-6 µm, mampu bertahan dalam saluran pencernaan, karena memang habitat asli bakteri ini di dalam usus (terutama usus halus)  serta vagina dan dapat tumbuh dengan baik pada suhu 35-45˚C, bakteri ini akan mati jika terkena panas matahari secara langsung atau dengan pemaasan embun. (Wahyudi dan Samsundari, 2008). Bakteri ini membutuhkan riboflavin, asam pantotenat, asam folat, niasin untuk tumbuh.


 


Gambar 1. Struktur Tubuh Lactobacillus acidophilus
Pada umumnya Lactobacillus acidophilus dikenal dengan sebutan bakteri probiotik karena mampu menghasilkan antibiotik alami (lactocidin dan acidohilin) yang dapat meningkatkan resistensi imun terhadap pathogen. Selain itu, bakteri ini berperan dalam proses fermentasi terutama fermentasi susu karena mampu menghidrolisis kasein yang terkandung dalam susu dengan mensekresikan enzim proteolitik, fermentasi terjadi saat bakteri memecah gula dan karbohidrat untuk menghasilkan alcohol, CO2, dan asam laktat, sehingga mampu menghasilkan rasa yang unik pada hasil produknya, karena hal tersebutlah bakteri ini berfungsi sebagai pengawet makanan. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata bakteri ini efektif dalam mengurangi intoleran laktosa (khusus untuk orang yang tidak bisa mengkonsumsi susu secara langsung, bisa mengkonsumsi susu fermentasi), karena sifatnya yang prebiotik sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mampu mengurangi kadar kolesterol darah (Febriasari,2008).
Bakteri Lactobacillus acidophilus termasuk kedalam bakteri homofermentasi karena bakteri ini mengkonversi glukosa menjadi asam laktat seluruhnya. Jalur metabolisme bakteri Lacktobacillus acidophilus bisa dilihat pada gambar dibawah ini.



 


Gambar 2. Jalur Metabolisme Lactobacillus acidophilus

Keitimewaan lain dari bakteri Lactobacillus acidophilus adalah dalam proses kerjanya memecah azobond dari sulfasaline yang dapat menghasilkan azulfidine yaitu senyawa yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan colitis (Mizota T, dkk. 1983; Goldin and Gorbach, 1992; Anandito, 2001). Bakteri ini juga membantu penyerapan nutrisi yang diperlukan tubuh, seperti vitamin K dan B, kalsium, lactase, dan asam laktat.
Selain menguntungkan, ternyata bakteri ini ada efek sampingnya untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan diantaranya bisa menimbulkan alergi seperti gatal-gatal, perut kembung, mual, dan demam ringan. Untuk mengatasi efek samping tersebut kita tidak dianjurkan mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan, bukankah kita sudah tahu bahwa Allah memang tidak suka dengan hal yang berlebihan, dan tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil (menurut sumber yang penulis baca). Namun, katanya hal ini masih dalam proses penelitian :D.

Daftar Pustaka
Andriani, Lovita. 2009. Pengaruh imbangan bakteri. http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/12/pengaruh_imbangan_bakteri.pdf. Diakses Pada 30 Mei 2015 Pukul 06.30 WIB.
Anonym. Pendahuluan. http://repository.unhas.ac.id. Diakses Pada 30 Mei 2015 Pukul 06.40 WIB.
Antara, Nyoman Semadi, Ph.D. 2012. Pemilihan dan Penanganan Starter Yoghurt di Tingkat Industri. http://staff.unud.ac.id/~semadiantara/wp-content/uploads/2012/06/Pemilihan-dan-Penanganan-Starter-Yoghurt-di-Tingkat-Industri.pdf. Diakses pada 30 Mei 2015 Pukul 06.00 WIB.
Herdiningsih, Riani. 2005Isolasi dan Uji Resistensi Beberapa Isolat Lactobacillus pada pH Rendah. http://biodiversitas.mipa.uns.ac.id/D/D0701/D070105.pdf. Diakses Pada 28 Mei 2015 Pukul 17.00 WIB.
Kusuma, Sri Agung Fitri, M.Si., Apt. 2009. Bakteri asam laktat. http://pustaka.unpad.ac.id. Diakses Pada 30 Mei 2015 Pukul 06.00 WIB.
Pramono, Yoyok Budi. 2011. Karakteristik Mikrobiologis, Kimia, Fisik, Dan Organoleptik Yoghurt Dengan Penambahan Ubi Jalar Merah http://core.ac.uk/download/pdf/11737389.pdf. Diakses Pada 28 Mei 2015 Pukul 17.00 WIB.
Putranto, Wendry Setiyadi,SPt.,MSi. 2006. Purifikasi dan Karakterisasi Protease Yang Dihasilkan Lactobacillus acidophilus dalam Fermentasi Susu Sapi Perah . http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/03/purifikasi_dan_karakteristik_protease.pdf.  Diakses Pada 30 Mei 2015 Pukul 06.30 WIB
Tamime, A.Y. and R.K. Robinson. 1999. Yoghurt Science and Technology (2nd Ed.). Woodhead Publishing Ltd. Cambridge England.

semoga coretan kali ini bermanfaat khususnya bagi para pembaca. terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca coretan kali ini. khob khun mak mak kha :D

34 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. terimakasih atas artikel tentang probiotik ini yang membawa manfaat bagi kesehatan terutama kesehatan usus manusia. saya ingin menambahkan informasi tentang bakteri ini bahwa bakteri tersebut juga dapat memiliki berbagai manfaat bagi tubuh seperti :

    1. Mengobati sembelit kronis
    2. Mengobati gejala sindrom iritasi usus besar dan penyakit radang usus (seperti penyakit Crohn dan kolitis ulserativa)
    Meningkatkan toleransi laktosa pada orang yang tidak toleran laktosa
    3.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi yogurt atau susu yang mengandung strain tertentu dari Lactobacillus atau mengambil suplemen dengan Lactobacillus atau Bifidobacterium dapat meningkatkan respon kekebalan alami tubuh. Satu studi menemukan bahwa suplemen selama 6 bulan yang aman, cara yang efektif untuk mengurangi demam, batuk, dan durasi pengobatan antibiotik, serta jumlah hari sekolah terjawab untuk anak-anak 3 - 5 tahun
    4.Membantu untuk mengobati kolesterol tinggi


    silahkan dibaca informasi selanjutnyaa --> http://umm.edu/health/medical/altmed/supplement/lactobacillus-acidophilus

    BalasHapus
  3. Artikel ini sangat bagus meskipun segudang manfaat tetapi ini Efek Samping Lactobacillus acidophilus

    Meskipun banyak produsen mengklaim pentingnya obat L. acidophilus, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk membuktikan klaim tersebut.

    Efek samping yang umum dari Lactobacillus acidophilus meliputi pembengkakan, ketidaknyamanan perut, demam ringan, mual, perut kembung, dan reaksi alergi seperti gatal-gatal dan ruam kulit.

    Dalam kondisi tertentu, mengkonsumsi L. acidophilus malah dapat membahayakan kesehatan.

    Wanita hamil atau yang berencana untuk hamil disarankan tidak mengambil Lactobacillus acidophilus.

    Perlu dicatat bahwa individu yang memiliki alergi atau kondisi medis lainnya seperti kelainan pada sistem kekebalan tubuh atau masalah usus tidak boleh mengkonsumsi L. acidophilus.

    Itu sebab, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil L. acidophilus.
    (http://www.amazine.co/17717/manfaat-efek-samping-lactobacillus-acidophilus/) semoga bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimkasih untuk tambahannya :D,, tapi hal ini sudah dipaparkan pada artikel diatas :D

      Hapus
  4. artikel kakak menambah pengetahuan saya^^ setelah saya baca referensi ternyata memang benar manfaat bakteri ini salah satunya untuk makanan, dari referensi yang saya baca bahwa bakteri ini di campur dengan Streptococcus thermophilus bisa menghasilkan pembuatan cocogurt dengan bahan baku santan kelapa. Kakak bisa lihat lebih jelas di referensi ini ^^ http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2011/01/optimasi_pembuatan_cocogurt.pdf

    BalasHapus
  5. paparan yang bagus ka. banyak orang yang telah melakukan penelitian dengan memanfaatkan bakteri ini. salah satunya yaitu penelitia tentang pengaruh imbangan bakteri ini dalam yoghurt terhadap kolesterol. penelitian ini menggunakan hewan percobaan tikus mencit. dan ternyata hasilnya adalah kolesterol tikus mengalami penurunan sekian persen setelah kurun waktu tertentu. berikut penjelasannya ada di link ini http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/12/pengaruh_imbangan_bakteri.pdf

    itu saja tambahn dari saya, terimakasih ka :)

    BalasHapus
  6. nice :"D saya setuju banget kak sama kutipan "Allah ngga suka sama yang berlebihan" hehe memang dari situ sudah ada kode bahwa sesuatu yang berlebihan akan berdampak tidak baik :"
    izin menambahkan saja ya kak :) Seperti namanya Lactobacillus acidophilus, bakteri ini menyukai lingkungan asam dan bertanggung jawab mengubah laktosa menjadi asam laktat. namun tidak selamanya bakteri tersebut berperan positif.. Efek samping yang umum dari Lactobacillus acidophilus meliputi pembengkakan, ketidaknyamanan perut, demam ringan, mual, perut kembung, dan reaksi alergi seperti gatal-gatal dan ruam kulit. (sumber : http://www.amazine.co/17717/manfaat-efek-samping-lactobacillus-acidophilus/)
    teşekkür ederim kak Anggit :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah berkunjung :D,, terimakasih juga untuk tambahanya... namun hal ini sudah di paparkan pada artikel di atas :D

      Hapus
    2. iya kak, cuma ingin menambahkan link nya saja, agar para pembaca bisa berkunjung di web tersebut :)

      Hapus
  7. Hai Kak Anggit , Ya saya setuju memang dengan Anda Bakteri Lactobacillus acidophilus sesuai dengan namanya - Lactobacillus acidophilus (bahasa Latin yang berarti asam-mencintai susu bakteri) adalah spesies dalam genus Lactobacillus :)
    Izin menambahkan klasifikasinya ya kak dari bakteri ini hehe
    Klasifikasi ilmiah
    Kerajaan: Bacteria
    Divisi: Firmicutes
    Kelas: Bacilli
    Famili: Lactobacillaceae
    Genus: Lactobacillus
    Spesies: L. acidophilus
    Nama binomial
    Lactobacillus acidophilus

    Oh iya kak ternyata ada efek kesehatannya loh yaitu dari sumber referensi yang saya dapat http://tentangkitakita.com/lactobacillus-acidophilus.html bahwa beberapa strain L. acidophilus telah dipelajari secara ekstensif untuk efek kesehatan. Beberapa L. acidophilus strain mungkin mampu bertahan angkutan gastrointenstinal , menjadi tahan terhadap empedu , pH rendah , dan enzim pencernaan . Mereka kemudian mungkin dapat mematuhi garis sel epitel manusia dan lendir usus manusia.
    Semoga bermanfaat ya kak :)

    BalasHapus
  8. waaah saya setuju dengan judulnya bahwa bakteri ini memang memiliki bnyak manfaat.. saya jg menemukan dari sumber lain dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa L. acidophilus juga dapat digunakan sebagai organisme probiotik atau hidup, yang pada konsumsi dalam jumlah tertentu, mengerahkan manfaat kesehatan, L. acidophilus ini terkait dengan penurunan kasus infeksi jamur vagina, disfungsi pencernaan dan bahkan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

    seperti itu, ka.. terimakasih :D

    sumber:
    Faro Jones. Lactobacillus acidophilus. http://dwb.unl.edu/Teacher/NSF/C11/C11Links/www.bact.wisc.edu/scienceed/lactobacillusacidophilus.html. 1999

    BalasHapus
  9. Hay Kak Anggit :) artikel yang baguuus :D saya sependpat dengan pemaparan Kak Anggit, sesuai dengan sumber yang saya baca menerangkan bahwa sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition melaporkan bahwa yogurt yang mengandung L. acidophilus L1 memiliki potensi untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebesar 6-10 % dengan mengurangi kadar kolesterol serum .
    Meskipun studi yang mengevaluasi efek dari L. acidophilus pada gejala alergi serbuk sari cedar – Jepang mencapai hasil yang positif , hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut.
    Sumber: http://tentangkitakita.com/lactobacillus-acidophilus.html terima kasih Kak, semoga Kakak berkenan dan semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  10. Wahhh bakterinya baik ya ceu :) Setuju bahwa bakteri ini banyak manfatnya termasuk untuk para wanita karena ternyata bakteri ini dapat mengobati infeksi vagina yang disebabkan bakteri (bacterial vaginosis). Penelitian klinis menunjukkan bahwa Lactobacillus dapat membantu mengobati infeksi vagina jika digunakan di dalam vagina. Peneliti menemukan bahwa supositori Lactobacillus acidophilus dan tablet vagina paling efektif. Selain itu dapat mencegah infeksi paru-paru dengan susu yang mengandung lactobacillus GG atau kombinasi tertentu yang mengandung Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium.
    Selengkapnya >> http://health.detik.com/read/2011/08/09/091919/1699530/769/lactobacillus-bakteri-baik-untuk-mengatasi-diare
    Terimakasih

    Dela Rahma

    BalasHapus
  11. Subhanallah :) bakteri tidak selamanya jahat, saya sangat setuju dengan pernyataan itu kak :)
    Artikel yang dipaparkan ka Anggit sangat bagus dan sangat informatif sekali, minuman seperti yoghurt dan fermentasi lainnya saat ini menjadi hits dan menjadi kegemaran banyak warga. Ternyata bakteri Lactobacillus acidophilus yang menajdi pemeran utama dalam hal ini.
    Kak anggit, izin menambahkan yaa mengenai aplikasi, mekanisme kerja dan produk dari probiotik .
    Dapat dilihat selengkapnya pada link dibawah ini
    http://www.biotek.bppt.go.id/index.php/artikel-sains/134-mengenal-kinerja-probiotik-produk-aplikasi-mekanisme-kerja
    Terimakasih ka Anggit, semoga bermanfaat untuk kita semua :)

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  13. artikelnya bagus bgt ka dan inforaif.. saya baru tahu lu bakteri ini suka ada di susu..
    saya setuju dengan kaka walauun bakteri ini banyak manfaat postifnya,, dia juga punya efek negatif , Efek samping yang umum dari Lactobacillus acidophilus meliputi pembengkakan, ketidaknyamanan perut, demam ringan, mual, perut kembung, dan reaksi alergi seperti gatal-gatal dan ruam kulit.

    Dalam kondisi tertentu, mengkonsumsi L. acidophilus malah dapat membahayakan kesehatan.

    Wanita hamil atau yang berencana untuk hamil disarankan tidak mengambil Lactobacillus acidophilus.
    sumber : http://www.amazine.co/17717/manfaat-efek-samping-lactobacillus-acidophilus/
    trimkasih ka :)

    BalasHapus
  14. Saya setuju dengan penjelasan di atas yang menyatakan bahwa bakteri L. acidophilus berperan sebagai probiotik, hal tersebut sesuai dengan sumber yang telah saya baca yaitu di http://biosains.mipa.uns.ac.id/C/C0101/C010101.pdf dan pada sumber itu juga disertai penelitian pembuatan minuman probiotik dari susu kedelai dengan cara inokulum bakteri, slaah satunya bakteri L. acidophilus, disinilah peran positif bakteri ditunjukkan. Sangat menarik kak, terima kasih :)

    BalasHapus
  15. Masya Allah, sikecil segudang manfaat yaa kak, saya setuju dengan artikel yang telah dipaparkan oleh Kak Anggit Keitimewaan lain dari bakteri Lactobacillus acidophilus adalah dalam proses kerjanya memecah azobond dari sulfasaline yang dapat menghasilkan azulfidine yaitu senyawa yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan colitis. Bakteri ini juga membantu penyerapan nutrisi yang diperlukan tubuh, seperti vitamin K dan B, kalsium, lactase, dan asam laktat. Mohon izin menambahkan manfaat lainnya dari bakteri ini yaitu Lactobacillus acidophilus ditemukan secara alami pada manusia. L. acidophilus terdapat di mulut, usus dan vagina. Diklasifikasikan sebagai bakteri “sehat”, L. acidophilus membantu menjaga terhadap infeksi dan penyakit. Ada sejumlah cara di mana L. acidophilus dapat membantu dalam pemecahan makanan dan dengan demikian menghasilkan hidrogen peroksida, asam laktat dan zat lain yang menghasilkan asam, lingkungan yang tidak ramah bagi organisme berbahaya. L. acidophilus juga menciptakan laktase, yang merupakan enzim yang mengubah laktosa (gula susu) menjadi gula sederhana. Karena kemampuan yang terakhir ini, konsumsi L. acidophilus berguna untuk orang yang menderita intoleransi laktosa, membantu mencegah infeksi ragi, membantu dalam penyerapan nutrisi, membantu mengurangi intoleransi Laktosa, mengurangi efek samping antibiotik, L. acidophilus, bila digunakan sebagai profilaksis, mengurangi kemungkinan diare di antara kaula muda.
    Adapun info lebih lengkap dapat diaskes pada: http://www.sridianti.com/manfaat-lactobacillus-acidophilus.html

    Terima kasih kak Anggit, informasi yang sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  16. haii kak anggit, artikel yang kakak sajikan sudah sangat informatif. mohon izin menambahkan sedikit selain yang kakak paparkan tentang efek samping dari bakteri ni juga ternyata masih banyak lagi efek sampingnya seperti Efek samping yang umum dari Lactobacillus acidophilus meliputi pembengkakan, ketidaknyamanan perut, demam ringan, mual, perut kembung, dan reaksi alergi seperti gatal-gatal dan ruam kulit.
    sumber : http://www.amazine.co/17717/manfaat-efek-samping-lactobacillus-acidophilus/

    terimakasih :)

    BalasHapus
  17. artikel yang sangat bagus kakak, paparannya pun jelas, setuju dengan kakak bahwa L. acidophilus merupakan bakteri homofermentasi karena bakteri ini mengkonversi glukosa menjadi asam laktat seluruhnya, selain glukosa L. acidophilus juga dapat mengkonversi aesculin, cellobiose, galaktosa, laktosea, maltosa, salicin, sukrosa, dan trehalose untuk fermentasi (https://microbewiki.kenyon.edu/index.php/Lactobacillus_acidophilus) terima kasih kak Anggit

    BalasHapus
  18. artikel yang menarik dan informatik sekali ka, izin menambahkan yaa dari jurnal yang saya dapatkan bahwa si bakteri ini sangat berperan juga dalam menghambat pertumbuhan Candida albicans. Candida albicans ini merupakan Spesies cendawan ini merupakan penyebab infeksi oportunistik yang disebut kandidiasis pada kulit, mukosa, dan organ dalam manusia.
    sumber http://dentj.fkg.unair.ac.id/detail_abstract100.html

    terimakasih kak anggit :D

    BalasHapus
  19. Artikel anggit sangat menarik.._^,,karena bakteri Lactobacillus acidhopilus banyak manfaatnya..bukan hanya terdapat pada saluran pencernaan,,tetapi dalam jurnal yang saya baca peneliti membuktikan bakteri ini juga bisa digunakan untuk pembuatan minuman probiotik dalam susu kedelai yang bisa menggantikan ASI..peranan bakteri ini berperan sebagai probitotik yang baik. Probiotik menurut Havenaar,,adalah kultur tunggal atau campuran dari mikrobia hidup yang dikonsumsi oleh manusia atau hewan, bermanfaat bagi host (hewan atau manusia) dengan jalan menjaga keseimbangan mikroflora dalam saluran pencernaan..

    Sumber : E Taufik - Media Peternakan-Journal of Animal Science and …, 2004 - journal.ipb.ac.id

    Semoga bermanfaat..:-)

    BalasHapus
  20. wahh kak anggit, artikel yang bagus :)
    menambah wawasan dan informatif sekali.
    izin menambahkan saja ya kak, menurut literatur yang saya baca ternyata bakteri ini merupakan bakteri yang bermanfaat bagi manusia, yaitu bisa merubah karbohidrat menjadi asam laktat.maka disebut bakteri asam laktat.
    bisa dilihat selengkapnya di sumber berikut http://ikiopo.com/bakteri-yang-menguntungkan-manusia

    semoga bermanfaat^^

    BalasHapus
  21. Artikel yang dibuat Ka Anggit sangat menarik dan informatif. Izin menambahkan sedikit, mengenai manfaat yang sudah dipaparkan diatas ya ka bahwa ternyata banyak kegunaan dari bakteri Lactobacillus acidophilus yaitu memulihkan dan mengatur usus dari kerja berat, sebagai eliminator racun, mencegah timbul atau kambuhnya infeksi saluran kemih dan vagina dan sebagainya. Dapat dibaca informasi lebih lanjut pada http://tn-bb.com/lactobacillus.htm.
    Terima kasih dan semoga bermanfaat ya Ka^^

    BalasHapus
  22. hai kak anggit, artikel yang sangat informatif dengan penjelasan yang baik skeal, tambahan dr teman-teman pun sangat mencukupi.. jadi saya hanya akan menjelaskan sedikit jadi ternyata bakteri ini menghasilkan vitamin K serta laktase, enzim yang memecah laktosa (gula dalam susu). yang berfungsi untuk membantu kondisi memperlakukan seperti diare, intoleransi laktosa, eksim, asma, infeksi vagina, dan sindrom iritasi usus besar. bakteri ini ditemukan dalam beberapa makanan fermentasi, seperti yoghurt, kefir, produk kedelai, dan acar. Anda juga dapat membeli suplemen probiotik dalam bentuk cair, tablet, atau bentuk bubuk.
    dan juga Penelitian mengenai efek probiotik masih sangat terbatas, namun ada beberapa bukti bahwa probiotik dapat mengobati diare jangka pendek dan eksim atopik.

    Probiotik umumnya dianggap aman, dan efek samping yang paling umum adalah gas tambahan. Namun, Lactobacillus acidophilus mungkin berbahaya bagi orang yang memiliki usus yang rusak atau sistem kekebalan tubuh yang lemah. Probiotik juga dapat berinteraksi dengan obat tertentu, sehingga berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu
    (sumber : http://www.healthline.com/health/what-is-lactobacillus-probioti)

    BalasHapus
  23. Trimakasih kak anggit artikelnya sangat bermanfaat dan informatif
    Lactobacillus acidophilus si keci pembawa manfaat :)
    Penelitian mengenai efek probiotik masih sangat terbatas, namun ada beberapa bukti bahwa probiotik dapat mengobati diare jangka pendek dan eksim atopik. Probiotik umumnya dianggap aman, dan efek samping yang paling umum adalah gas tambahan. Namun, Lactobacillus acidophilus mungkin berbahaya bagi orang yang memiliki usus yang rusak atau sistem kekebalan tubuh yang lemah. Probiotik juga dapat berinteraksi dengan obat tertentu, sehingga berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu.

    BalasHapus
  24. Tambahan informasi untuk manfaat bakteri di artikel kak Anggit yaa kak :D berdasarkan sumber http://tentangkitakita.com/lactobacillus-acidophilus.html

    L. acidophilus telah dikaitkan dengan efek positif pada sistem kekebalan tubuh seperti peningkatan sitokin , aktivitas fagositosis dan produksi antibodi , serta fagositosis Salmonella.

    L acidophilus bahkan telah terbukti mengurangi timbulnya gejala demam , batuk dan pilek, efek anti – inflamasi.

    L. acidophilus LA – 5 telah terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker payudara , dan positif efek pada pasien kemoterapi .

    Terima kasih kak :D

    BalasHapus
  25. wah menarik sekali ka infomasi yng disajikan dan pemaparannya pun cukup jelas, ijin menambahkan ya kaa linda baca di salah satu sumber bakteri ini kan merupakan bakteri probiotik yang begitu vbanyak manfaat nya selain manfaat yang telah disampaikan diatas terdapat manfaat yang lain diantaranya akteri probiotik memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia diantaranya dalam sistem imunitas, sistem intestinal, sistem urogenital, menurunkan efek alergi, dan manfaat-manfaat lainnya.5 Pada sistem imunitas,25 probiotik bertanggung jawab dalam merangsang daya tahan tubuh baik selular maupun humoral26 sehingga dapat melindungi tubuh dari berbagai infeksi. Sistem imunitas menyediakan pertahanan utama melawan mikroorganisme patogen. Penurunan sistem imunitas dapat menyebabkan penyakit tertentu seperti kanker, AIDS, leukemia. Penyakit autoimun seperti rematik dan penyakit radang usus juga dapat terjadi bila sistem imunitas tidak berjalan dengan sempurna untuk lebih jelasnya bis dibaca di http://www.smallcrab.com/kesehatan/1044-manfaat-bakteri-probiotik-untuk-kesehatan-manusia. Semoga bermanfaat . terima kasih kak anggit .

    BalasHapus
  26. Artikel yang dibuat oleh kak Anggit sangat informatif sekali. Bertambahlah wawasan saya setelah membaca artikel ini. saya pikir bakteri itu hanya membuat kerugian, ternyata ada juga bakteri yang memiliki segudang manfaat bagikehidupan kita ini, salah satunya yaitu bakteri Lactobacillus acidophilus. saya hanya ingin menambahkan sedikit saja bahwa bakteri actobacillus acidophilus umumnya tumbuh dalam kondisi pH rendah (pH 4 – 5) dan pada suhu berkisar 25-35 derajat Celcius. Dan juga benar sekali mengenai manfaat bakteri Lactobacillus acidophilus yang telah dipaparkan oleh kak Anggit sesuai dengan sumber yang saya baca yaitu L. acidophilus dapat memproduksi laktase, vitamin K, dan zat anti-mikroba. Keberadaan L. acidophilus dalam tubuh membantu menjaga kondisi asam, sehingga mencegah infeksi mikroba. Mengingat berbagai manfaat kesehatan yang dimilikinya, L. acidophilus digunakan dalam produk susu serta untuk tujuan terapeutik. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dalam sumber ini: http://www.amazine.co/17717/manfaat-efek-samping-lactobacillus-acidophilus/

    Terima kasih :)

    BalasHapus
  27. wahh artikel yang menarik tentang bakteri yang lagi-lagi menujukan sisi positif yaitu sebagai probiotik yang baik bagi manusia. hanya ingin menambhkan saja ka tentang uji lactobaciluus achidophillus terhadap mencit dilihat dari feses yang dikeluarkan berpengaruh terhadap pemberian L. acidophilus terenkapsulasi karaginan dapat meningkatkan kadar IgA feses mencit. bisa dilihat disini yah ka http://rjls.ub.ac.id/index.php/rjls/article/download/20/27. terimakasih :)

    BalasHapus
  28. sangat menarik kakak artikelnya. terimakasih sudah menyajikannya dengan sangat lengkap dan informatif. izin menambahkan mengenai fungsi lactobacillus acidophilus dalam proses pencernaan. seperti yang dilansir pada http://www.amazine.co/17717/manfaat-efek-samping-lactobacillus-acidophilus/ . semoga bermanfaat kak anggit. selamat malam :)

    BalasHapus
  29. artikel yang sangat menarik dan bermanfat, dengan diketahuinya peran bakteri ini saya jadi tau bagaimana cara mengatasi penyakit yang sering terjadi pada saya seperti diare, di sini saya hanya ingin menambahkan sedikit, ternyata Lactobacillus acidophilus mampu melepas hidrogen peroksida untuk menciptakan lingkungan asam yang dapat membunuh jamur candida. selengkanya bisa dibaca di http://nyata.co.id/tips/sehat/sumber-probiotik/. semoga bermanfaat, terimakasih :)

    BalasHapus
  30. terimakasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung n meninggalkan jejanknya di coretan kali ini, terimakasih untuk tambahannya semoga bermanfaat khususnya bagi penulis :D...

    kalian luarbiasa :D

    BalasHapus
  31. wah benar benar segudang manfaat yah... sedikit tambahan Lactobacillus acidophilus telah digunakan dalam pengobatan alternatif sebagai bantuan mungkin efektif (pada anak-anak atau orang dewasa) dalam mencegah diare yang disebabkan oleh antibiotik, perjalanan, kemoterapi, atau rawat inap. Lactobacillus acidophilus juga mungkin efektif dalam mengobati sindrom iritasi usus, infeksi vagina bakteri, kolik pada bayi, infeksi paru-paru pada anak-anak, masalah kulit pada anak-anak yang alergi terhadap susu, dan kondisi lain. lebih lengkap klik http://www.drugs.com/mtm/lactobacillus-acidophilus.html

    BalasHapus